Berita Kegiatan Kampus

#

Enam Dosen Unisa Kuningan Lolos PDP

UNISA, - Rektor Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Nurul Iman Hima Amarullah, S.Ag., M.Si mengapresiasi rekan-rekan dosen di lingkungan Unisa Kuningan yang telah dinyatakan lolos dalam program Penelitian dan Pengabadian Masyarakat dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Ada pun nama-nama dosen tersebut adalah Anggir Pramorwardhani, M.Pd, Kartika, S.Pd., M.Si, Melisa, M.Pd, Rika Septiani, M.Pd.B.I, Setiana, M.Pd, dan Slamet Hadi Kusumah, S.Pd., M.TP.

“Program PDP merupakan salah satu upaya yang dilakukan Kemenristekdikti dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna mencapai hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional,” papar Rektor Nurul Iman.

Lebih lanjut Iman menyampaikan bahwa dengan adanya program tersebut diharapkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu tinggi dapat berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa. Secara empiris tidak dapat disangkal bahwa salah satu faktor utama pendukung kemajuan bangsa adalah inovasi yang berbasis pada penelitian yang bermutu.

Secara umum, tujuan penelitian di perguruan tinggi mencakup lima hal yakni menghasilkan penelitian sesuai dengan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; menjamin pengembangan penelitian unggulan spesifik; meningkatkan kapasitas penelitian; mencapai dan meningkatkan mutu sesuai target dan relevansi hasil penelitian bagi masyarakat Indonesia; dan meningkatkan diseminasi hasil penelitian dan perlindungan kekayaan intelektual secara nasional dan internasional.

Sementara program PDP di perguruan tinggi oleh Kemenristekdikti diarahkan untuk mewujudkan keunggulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi; meningkatkan daya saing perguruan tinggi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada tingkat nasional dan internasional; meningkatkan angka partisipasi dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu; meningkatkan kapasitas pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi; dan memfungsikan potensi perguruan tinggi dalam menopang daya saing bangsa.

“Alhamdulillah, sekitar 6 rekan dosen di Unisa Kuningan lolos PDP, jumlahnya menigkat dari tahun sebelumnya dan semoga kian bertambah untuk periode mendatang. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri baik bagi saya pribadi maupun bagi Unisa Kuningan. Semoga dengan lolosnya beberapa rekan dosen di program tersebut membawa dampak positif bagi pribadi, mahasiswa, masyarakat, maupun Unisa secara menyeluruh. Ini sekaligus motivasi juga dan patut ditiru oleh rekan dosen lainnya. Sebab pendidikan tinggi tidak boleh jauh dari budaya penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat,” jelas Iman.***(HUMAS)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #